Prestasi membanggakan datang lagi dari siswa-siswa Al Bayan Anyer. Setelah beberapa waktu lalu sukses menjadi juara umum FLS2N Kabupaten Serang, kali ini giliran tim musikalisasi puisi yang mengharumkan nama Al Bayan Anyer dalam Festival Musikalisasi Puisi yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Banten di Aula Gedung Catur, Ciruas, Serang pada Rabu-Kamis (2-3 September 2020).

Grup musikalisasi puisi Al Bayan Anyer yang beranggotakan Rifki Permana Putra, Muhammad Fathan Alghifary, Muhammad Rivay Hakim, Ahmad Nabil Abdullah Trahbima, Damar Hiban Setyawan, dan Nayyottama Kayana Budiharjo menjadi penampil pertama pada hari kedua gelaran ini. Mereka menampilkan musikalisasi puisi dari Leon Agusta berjudul “Perbedaan” dan puisi Ahmadun Yosi Herfanda berjudul “Fragmen Tak Bernama”. Meski hanya disaksikan oleh dewan juri dan panitia, mereka tetap tampil menghibur dan percaya diri.

Prestasi ini menjadi pengalaman menarik karena Al Bayan Anyer baru pertama kali mengikuti lomba musikalisasi puisi. Terlebih bagi Fathan, pemain harmonika yang mengaku sempat grogi ketika tampil. ”Sepuluh menit yang mendebarkan, tapi Alhamdulillah sukses menghibur hadirin,” kata siswa kelas XII itu. Ia menambahkan, mereka harus berjuangan untuk bisa ikut lomba musikalisasi puisi. Tantangannya tentu membuat instrumen yang berbeda dari instrumen musik biasa.

Sementara Didit Aditra Rahman mengatakan proses kreatif mereka tidak begitu lama. Meski demikian, ia dan para personil mencoba memaksimalkan persiapan. ”Kurang lebih dua pekan kami membuat instrumen dan latihan. Beruntung kami memiliki anggota anak-anak yang cekatan dan bisa memainkan instrumen musik sesuai yang diharapkan,” ujar guru seni Al Bayan Anyer itu.

Al Bayan Anyer dinobatkan sebagai pemenang kedua lomba musikalisasi puisi menyingkirkan sepuluh pesaing dari sekolah menengah se-Banten. Dengan hasil ini, Al Bayan Anyer akan mewakili Provinsi Banten dalam Festival Musikalisasi Puisi tingkat nasional bersama SMA N 1 Rangkasbitung yang menjadi pemenang pertama.

Juara 2 Festival Musikalisasi Puisi, Al Bayan Anyer Maju ke Tingkat Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *