Calon-calon ilmuwan muda Indonesia berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam Pesta Sains Nasional (PSN) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA), Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Sabtu & Minggu (2-3/11/19) di Graha Widya Wisuda IPB. PSN tahun ini mengusung tema “Treasure of Sains“, yang diikuti oleh ribuan pelajar yang berasal dari sekolah di berbagai daerah di Indonesia.

Alhamdulillah, pada gelaran tahun ini SMA Pesantren Unggul Al Bayan Anyer mampu menjuarai lomba science, technologi, engineering, and mathemathic (STEM) melalui karya ilmiah karya Ananda Hannan Nur Muhammad dan Saddam Hakim dengan judul “Eco-Friendly Refigerator (E-FR) with energy Recycling from Wasted Energy based on Thermoelectric Technology. Karya ini mereka memanfaatkan panas kulkas sebagai sumber energi untuk mengisi daya smartphone.

Saddam mengatakan, karyanya ini telah lama ia garap. “Kami membuatnya selama sekitar setahun,” tuturnya di hadapan teman-teman dan guru-guru selepas diberi apresiasi oleh pihak sekolah selepas Dhuha berjamaah, Senin (4/11/19). “Karya ini pernah gagal, tapi kami tidak menyerah. Dari kegagalan itu, kami belajar banyak sehingga bisa membuat karya kami jauh lebih baik.”

Dengan hasil ini, Hannan dan Sadam berhak atas piala bergilir dari Columbia University dan USAID. Selain itu, mereka mendapatkan sertifikat untuk dapat masuk IPB melalui jalur prestasi.

Juara PSN 2019, Saddam dan Hannan Buat Bangga Al Bayan Anyer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *