Senin (16/2) sore itu itu para siswa kelas XI menggunakan setelan jas hitam dan celana hitam dengan kemeja putih dan berdasi. Mereka berkumpul di lapangan untuk berfoto bersama lalu berpencar memasuki ruangan yang berbeda-beda. Di sana sudah duduk dua guru penguji. Satu persatu siswa bergantian mempresentasikan tentang Karya Tulis Ilmiah (KTI) di depan dua guru penguji dengan bantuan proyektor.

Penyusunan KTI ini merupakan program wajib yang harus diikuti siswa kelas XI sebagai salah satu syarat kelulusan. Siswa dibimbing oleh seorang guru yang mengarahkan penyusunan KTI. Tema yang diangkat oleh siswa beragam, seperti problematika di sekitar, kebijakan sekolah, pendidikan, sains, teknologi, ekonomi, sosial, dan lain-lain.

Setelah melakukan penelitian dan penyusunan KTI, siswa mempresentasikan KTI dalam sidang yang pada 17, 18, 19, 20 dan 24 Februari 2020. Ujian sidang KTI dilaksanakan selama sekitar 30 menit. Siswa akan mendapatkan komentar dan pertanyaan dari dua guru penguji. Siswa harus dapat berargumen untuk dapat mempertahankan KTI-nya.

Setelah melakukan sidang, selanjutnya siswa merevisi KTI sehingga dinyatakan layak diterbitkan. Setelahmendapatkan pengesahan dari dua guru penguji. Setelah itu, barulah KTI mereka layak dipublikasikan dan didokumentasikan oleh sekolah.

Program KTI ini bertujuan untuk dapat melatih anak berprikir kritis, mengungkapkan ide, memperluas pengetahuan, dan keterampilan berbicara di depan umum. Semoga program ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi siswa.

Kelas XI Ikuti Sidang Karya Tulis Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *