ANYER – Momen lebaran identik dengan acara kumpul bersama sanak saudara mulai dari yang terdekat hingga jauh di perantauan. Di SMA PU Al Bayan Anyer meiliki budaya untuk menyambut hari raya Iedul Adha di kampus tercinta bersama segenap santri, para assatidz, tenaga kependidikan, hingga wali santri yang sedang menengok. Mungkin suasananya tidak seperti di kampung halaman, tetapi tidak menutup keceriaan dalam menjalani pengalaman baru dengan keluarga baru, saudara seiman seperjuangan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan takbiran yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019, sejak pukul 19.30 WIB hingga menjelang subuh. Malam itu Masjid Nurul Mahmuda, SMA PU Al Bayan Anyer, tak putus dari lantunan takbir yang dilakukan oleh santri secara bergiliran. Riuh gembira dan ramai dengan iringan tetabuhan dari barang alakadarnya menambah semangat dalam menyambut Iedul Ahda esok harinya.

Sholat Ied dilaksanakan pukul 07.00 WIB di hari Minggu, 11 Agustus 2019, dipandu oleh Ustaz Abdul Amin, S.Hum. sebagai pembawa acara. Terlebih dulu diawali dengan laporan kegiatan qurban oleh ketua pelaksanan, Ustaz Didi Charmidi, Lc. “Alhamdulillah, pada tahun ini terdapat titipan hewan qurban sebanyak 30 ekor kambing dan 3 ekor sapi,” lapor ketua pelaksana.

Selanjutnya sholat Ied diimami oleh ustaz Didi Charmidi, Lc. dan untuk khutbah disampaikan oleh ustaz Deden Ramdani, S.Pd. Dalam khutbahnya, beliau memberikan hikmah dari ibadah qurban. “Kita berkurban dalam bentuk ketaatan kepada Allah, dengan ikhlas. Bukan karena iri melihat sekeliling," katanya Ustaz Deden. "Qurban bukan perkara seberapa mampu kita berkorban sehingga bisa peduli terhadap sesama untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

Beliau pun memberikan ibrah dari bakti Nabi Ismail AS yang begitu patuh kepada Ayahandanya, Nabi Ibrahim AS yang mendapat risalah dari mimpinya untuk menyembelih anak yang sangat dicintainya. Sebuah ketaatan yang sarat akan nilai-nilai ketauhidan. Hal ini secara kontekstual memberikan motivasi kepada para santri untuk taat kepada orang tua yang telah banyak berkorban untuk anaknya.

Pada kesempatan ini hadir juga Bapak H. Tengku Rusdi Ak., M.M. selaku Direktur Eksekutif Yayasan Bina Ummat Sejahtera Semesta yang memberikan taujih singkat lalu acara dilanjutkan musofahah antara para assatidz, wali santri, dan santri.

Rangkaian acara qurban ditutup dengan penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban. Beberapa kambing disembelih langsung oleh siswa yang berkurban yang dibimbing oleh Assatiz dalam rangka pembelajaran. Penyaluran hasil qurban didistribusikan kepada masyarakat sekitar SMA PU Al Bayan Anyer dan di kampung halaman guru dan karyawan sekolah. (RKN)

Lebaran Bersama Keluarga SMA PU Al Bayan Anyer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *