Hari yang ditunggu pun tiba. Ananda Sayyid akan berangkat menuju 5th Istanbul Youth Summit 2022, sebuah konferensi tingkat tinggi pemuda kelima yang dilaksanakan oleh Youth Break the Boundaries Foundation di Instanbul, Turki. Konferensi ini akan mendorong para calon pemimpin masa depan untuk menembus batas kemampuan mereka dalam berdiskusi dan mengambil aksi dengan tema “Development Response Plan of The Youth in Crisis Recovery”.

Dengan peserta tiga ratus orang dari lima belas negara, mereka dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan negara. Sayyid dengan kelompoknya berjumlah sepuluh orang. Ketika mereka melakukan pertemuan via Gmeet untuk pertama kali dan memperkenalkan diri, ternyata anak SMA, hanya dua orang, sisanya adalah mahasiswa S1 dan S2. Dari dua anak SMA itu, Sayyid yang termuda, masih 17 tahun. Semuanya langsung komen, “Wah, ini adik bungsu kita.”

Dengan subtema ekonomi, pendidikan, kesehatan mental, dan kebijakan publik, mereka diminta membuat project berdasarkan subtema tersebut. Kelompok Sayyid mengambil tema di bidang pendidikan dengan judul project ‘Holistic Education’. Mereka menggodok project ini selama tigabulan dari November 2021 sampai Januari 2022.

Keberangkatan Sayyid ini diantarkan langsung oleh Ayah dan Bunda. Serta tak ketinggalan, Kepala SMA PU Al-Bayan Anyer, Ustaz Deden Ramdani, M.Pd. dan beberapa dewan guru turut melepas Sayyid di Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (11/2) sore. Ketika itu, sempat dilaksanakan doa bersama yang dipimpin Ustaz Deden, berharap Sayyid diberi diberi keselamatan, kesehatan, kelancaran, dan keberkahan dalam mengikuti program ini. Ustaz Deden berpesan agar Sayyid tetap membawa nilai-nilai islami di mana pun berada.

Fii amanillah, Sayyid. Semoga mendapat ilmu dan pengalaman yang luar biasa, Sehat selamat sampai ke tanah air. Amin ya rabbal’alamiin.

Mengantar Sayyid, Siswa Al-Bayan Anyer Perwakilan Indonesia pada Forum Pelajar Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *