Para santri sejak pukul sepuluh sudah memenuhi Masjid Nurul Mahmudah Al Bayan Anyer untuk mengikuti ceramah bersama Syekh Hussein Jaber, Jumat (21/2). Pada pukul 10.15 WIB, Syekh Hussein Jaber datang ke tempat acara, di mana para santri sudah menunggu kedatangan beliau. Begitu Syekh Hussein Jaber datang, para santri segera berdiri dan menyambutnya dengan penuh takdim. Kedatangan ulama adik Syekh Ali Jaber itu disambut dengan iringan hadroh dan lantunan solawat dari tim hadroh Al Bayan Anyer.

Acara diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Fikri Arrafi dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala SMA Pesantren Unggul Al Bayan Anyer, Ustaz Deden Ramdani, S.Pd. Dalam sambutannya Ustaz Deden mengatakan, acara ini merupakan satu upaya agara para santri lebih mendekatkan diri dan lebih mencintai Al-Quran.

“Alhamdulillah dengan diadakannya acara ini bisa menambah ghiroh bagi para santri agar menjadi ahli Al Qur’an, ahli ilmu, dan ahli kebaikan,” ungkap Ustaz Deden.

Pada acara inti, Syekh Hussein Jaber memberikan taklim tentang bagaimana menjadi pribadi yang gemar membaca dan menghapal Al Qur’an. Syekh Hussein berpesan agar menghapal dengan niat ikhlas. “Niatkan karena Allah ta’ala, jauhkan dari sifat riya karena sangat bahaya,” kata Syekh Hussein kepada para santri dan Assatiz.

Sebelum acara tersebut, di waktu subuh telah dilaksanakan bimbingan tahsin bersama Syekh Abdul Aziz Al Areqi, imam besar Masjid Sunda Kelapa. Para santri dibimbing membaca surat Al Fatihah secara benar sesuai kaidah tajwid dan makhorijul huruf. Kelas tersebut selesai hingga pukul tujuh dan dilanjutkan kembali pada ba’da asar.

Naufal Hammam Ramadhan menjadi santri yang beruntung mendapat kesempatan untuk dibimbing secara langsung oleh Syekh Aziz saat mencoba melafalkan huruf Hijaiyah satu persatu. Siswa kelas XI ini berharap bimbingan tahsin seperti ini akan ada lanjutannya lagi. Menurutnya ini masih tahapawal, dan ada tahapan-tahapan lanjutan dalam mempelajarinya.

Sehari Taklim bersama Syekh Hussein Jaber dan Syekh Abdul Aziz Al Areqi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *