Maruf atau masa taaruf merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengenalkan siswa baru terhadap lingkungan dan sistem pembinaan di Al-Bayan Anyer seperti kegiatan belajar, pembiasaan ubudiyah, tata tertib, dan aturan yang berlaku. Kegiatan ini menjadi ajang untuk melatih mental, disiplin, dan menjalin keakraban antarsiswa dan juga dengan dewan guru serta tenaga kependidikan.

Rangkaian kegiatan Maruf dilaksanakan pada Ahad s.d. Sabtu, 16 s.d. 22 Juli 2023. Hari pertama dilaksanakan pembukaan di Masjid Nurul Mahmudah, Al-Bayan Anyer. Acara secara resmi dibuka oleh Kepala SMA Pesantren Unggul Al-Bayan Anyer, Ustaz Deden Ramdani, M.Pd., Gr.

Selama Maruf, para peserta mendapat berbagai materi pengenalan lingkungan dan gambaran menjalani kehidupan di Al-Bayan, prilaku positif yang harus dimiliki siswa seperti kemandirian dan kedisiplinan, akhlak yang baik, dan rutinitas ubudiyah. Mereka pun mendapat kesempatan berkeliling mengunjungi berbagai fasilitas umum dan diberi informasi mengenai sarana dan prasarana yang ada dalam sesi tadabur Alber. Dengan materi yang didapat, mereka diharapkan dapat beradaptasi dengan lingkungan serta memiliki motivasi dan niat yang tulus dan dapat istikamah belajar di Al-Bayan Anyer.

Kegiatan Maruf ini tidak hanya diisi dengan materi, tetapi ada berbagai kegiatan edukatif yang menyenangkan. Hari ketiga, para peserta outbound di Lembah Hijau Bandulu. Besoknya, mereka diajak melakukan eksperimen dalam acara Sains Day. Pengetahuan pun mereka diuji dalam cerdas cermat bertajuk Super Smart Competition. Lalu pada hari kelima, mereka adu ketangkasan dalam berbagai permainan Alber Trasure Hunt. Di sela padatnya kegiatan, para peserta diberi kesempatan untuk menyalurkan minat dan bakat melalui kegiatan pengembangan diri di bidang olahraga, seni, dan literasi.

Malam terakhir Maruf diisi dengan pentas seni yang menampilkan berbagai pertunjukan dari masing-masing kelas. Dalam penutupan Maruf ini beberapa siswa dan kelompok mendapatkan penghargaan dan hadiah. Mereka ialah siswa dan kelompok yang menjadi pemenang dalam berbagai kompetisi dalam rangkaian kegiatan Maruf.

Serunya Masa Taaruf di Al-Bayan Anyer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *