Bagi seorang guru, menjalin komunikasi dengan siswa merupakan hal yang sangat penting agar proses pembelajaran berjalan efektif. Oleh karena itu, guru-guru di SMA Pesantren Unggul Al Bayan Anyer diberikan penguatan kemampuan berkomunikasi melalui salah satu materi rapat kerja (raker) yang disampaiakn secara virtual oleh Ustaz Drs. H. Heriyanto, M.Pd. pada Kamis (15/7/2021). Hal itu dilakukan sebagai ikhtiar meningkatkan keterampilan mengajar dan mematangkan kesiapan guru yang akan melaksanakan pembelajaran di tahun ajaran baru.

Menurut Ustaz Heriyanto, guru yang sukses adalah guru yang terampil berkomunikasi. “Guru harus menyiapkan konten materi pelajaran dan menyampaikannya dengan baik,” ungkapnya dalam materi yang disampakan. Ustaz Heriyanto mengatakan, ada tiga hal penting dalam berkomunikasi.

Pertama, aspek verbal yang berupa rangkaian kata-kata. Guru harus mampu memilih kata-kata dan merangkainya menjadi kalimat yang mudah dimengerti oleh siswa. Dalam hal ini, beliau menjelaskan, ada empat prinsip berkomunikasi dalam pandangan islam, yaitu qaulan baligha (menggunakan kata-kata yang efektif), qaulan karima (perkataan yang mulia), qaulan ma’rufan (perkatan yang baik dan pantas), dan qaulan sayidan (perkataan yang benar).

Lebih lanjut, Ustaz Heriyanto yang sudah lama menjadi kepala SMA Pesantren Unggul Al Bayan Cibadak Sukabumi ini menambahkan, kedua aspek lainnya yang diperlukan adalah vokal dan visual. Aspek vokal terdiri dari volume, intonasi, dan artikulasi. Dan yang paling penting,  yaitu aspek visual yang disertai dengan eksrpesi wajah dan gestur.

Sesi materi ini mendapat tanggapan positif dari dewan guru Al Bayan Anyer. Salah satu guru yang diajak mendemonstrasikan berkomunikasi yaitu Ustazah Resy, S.Psi. Ia mencoba memeragakan bagaiaman cara berbicara sesuai dengan aspek-aspek yang disampaiakn Ustaz Heriyanto dan diikuti oleh guru-guru lainnya.

Ustazah Resy menilai, materi yang didapat ini sangat bermanfaat. “Ini tentu menambah motivasi dan membuat kami semakin semangat menjalani tahun ajaran baru,” ungkap guru Bimingan Konseling itu. Ia berharap, para guru nantinya bisa menerapkan materi ini dalam pembelajaran agar dapat merangkul semua siswa dengan tipe belajar yang beragam, baik visual, auditori, maupun kinestetik.

Tingkatkan Kompetensi Guru, Ustaz Heriyanto Beri Penguatan Komunikasi Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *